Ditengah Pandemi, Industri Logam di Triwulan II Tahun Ini Tumbuh 2,76 Persen

- 15 September 2020, 06:23 WIB
industri baja
industri baja /

PORTAL MAJALENGKA - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier mengatakan, Kementerian Perindustrian melepas ekspor 1.200 ton baja produksi PT Tatametal Lestari ke Pakistan, yang menunjukkan industri baja di Tanah Air tetap bergairah di tengah pandemi COVID-19.

"Kami sangat mengapresiasi PT Tatametal Lestari sebagai salah satu produsen baja nasional yang di tengah pandemi tetap dapat melakukan ekspor," kata Taufiek lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Pasca Penusukan Syekh Ali Jaber, Ridwan Kamil Instruksikan Keamanan Ketat Bagi Ulama di Jawa Barat

Taufiek mengungkapkan pemerintah terus berupaya meningkatkan pertumbuhan industri baja nasional dengan mendorong terciptanya iklim usaha industri yang kondusif dan kompetitif.

Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan utilisasi serta kemampuan inovatif pada sektor tersebut.

Untuk itu, lanjut Taufiek, pemerintah telah mengeluarkan berbagai regulasi, antara lain regulasi impor baja berdasar supply dan demand, fasilitasi harga gas bumi bagi sektor industri sebesar enam dolar AS/MMBTU guna menekan biaya produksi, dan izin operasional mobilitas dan kegiatan industri (IOMKI) yang memberikan jaminan bagi industri untuk dapat tetap beroperasi dengan protokol kesehatan ketat sesuai disarankan pemerintah.

Baca Juga: Hingga Pertengahan September 2020, Empat Kota Kabupaten di Jawa Barat Masuk Zona Merah

"Kebijakan-kebijakan tersebut dirumuskan dengan maksud memberikan jaminan dan kesempatan bagi industri nasional, khususnya industri baja, agar dapat bersaing di pasar domestik maupun ekspor," tegasnya.

Ia menjelaskan dalam mendongkrak kinerja industri baja, pemerintah juga terus mengupayakan peningkatan demand di pasar domestik.

Halaman:

Editor: Andra Adyatama

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x