Inilah Tips Memilih Aplikasi Kasir Restoran!

- 15 Februari 2022, 09:53 WIB
Aplikasi kasir restoran membantu mulai dari pemrosesan transaksi hingga pengelolaan inventori.
Aplikasi kasir restoran membantu mulai dari pemrosesan transaksi hingga pengelolaan inventori. /Freepik.com

PORTAL MAJALENGKA - Aplikasi kasir restoran merupakan salah satu inovasi teknologi terkini dalam bisnis restoran. Sebelumnya, kebanyakan restoran menggunakan mesin kasir sederhana untuk melayani dan mendokumentasikan setiap transaksi.

Anda tentu cukup familier dengan cara kerja mesin kasir konvensional. Staf kasir akan memasukkan harga menu yang dipesan konsumen ke cash register, mesin menghitung total pesanan tersebut, lalu laci kasir akan terbuka saat transaksi tersebut diselesaikan.

Kini penggunaan mesin kasir tersebut terbilang cukup ketinggalan zaman. Pasalnya, sudah tersedia sistem yang bukan hanya berfungsi mengelola transaksi, melainkan mengelola keseluruhan operasional sebuah restoran, yaitu aplikasi kasir restoran.

Baca Juga: PREDIKSI SKOR, PERSIB VS PSIS, Head To Head, Robert Alberts Targetkan 3 Poin Untuk Raih Impian Jadi Juara

Apa itu aplikasi kasir restoran?

Sebagian dari Anda mungkin menyebut sistem ini sebagai aplikasi kasir restoran, ada juga yang menyebutnya aplikasi kasir online. Terlepas dari perbedaan penyebutannya, istilah-istilah tersebut merujuk pada aplikasi point of sale (POS).

Secara sederhana, aplikasi POS adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang berfungsi untuk mendokumentasikan penjualan dan menyelesaikan sebuah transaksi.

Staf kasir akan memasukkan pesanan ke dalam sistem dan memproses transaksi tersebut. Sistem POS akan menghitung total pesanan, penambahan pajak, potongan harga jika ada, serta nominal uang kembalian. Kemudian, pengunjung bisa menyelesaikan pembayaran dengan uang tunai, kartu debit atau kredit, dan e-wallet.

Baca Juga: All of Us Are Dead Turun ke Posisi Dua, Kedudukannya Digeser Drama Ini

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x