Bupati Aceh Tengah Usul Kopi Arabika Gayo Masuk Bursa New York

12 Oktober 2020, 16:00 WIB
Ilustrasi minuman Kopi. Bupati Aceh Tengah mengusulkan kopi Arabika Gayo masuk bursa New York /

PORTAL MAJALENGKA - Pemkab Aceh Tengah memasukkan komoditas Kopi Arabika Gayo ke daftar bursa komoditas di New York, agar kopi khas Gayo memiliki harga dasar yang jadi pedoman perdagangan internasional.

Hal itu yang menjadi alasan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengusulkan kopi arabika Gayo masuk menjadi salah satu komoditas yang diperdagangkan atau terdaftar di bursa komoditas di New York, Amerika Serikat.

Baca Juga: Permintaan Kopi Arabica Gayo Menurun 70 Persen

Bupati telah menyampaikan permintaan itu ketika menerima kunjungan kerja Kasubdit Sistem Resi Gudang Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Jakarta, Yuli Edi Subagio ke Kabupaten Aceh Tengah.

“Permohonan kami hendaknya pihak Bappebti melalui Kementerian Perdagangan dapat mengupayakan agar kopi arabika Gayo dimasukkan menjadi salah satu komoditas yang diperdagangkan pada Bursa New York,” kata Shabela.

Baca Juga: Cek Manfaat Rutin Konsumsi Kopi Hitam

Selama ini, kata Shabela, kegiatan ekspor komoditas unggulan daerah dataran tinggi Gayo tersebut hanya mengacu pada harga perdagangan kopi di pasar Columbia Mild.

“Sehingga kita tidak mengikuti atau mengacu pada harga kopi Columbia Mild lagi di pasar New York Exchange,” kata Shabela.

Baca Juga: Ini Kiat Pengusaha Kopi Hadapi Pandemi

Editor: Hanif Maulana

Sumber: ANTARA

Tags

Terkini

Terpopuler