KUDU WERUH, Berikut 4 Kata yang Sering Diucapkan dalam Komunikasi Orang Cirebon

- 28 Januari 2023, 10:33 WIB
KUDU WERUH, Berikut 4 Kata yang Sering Diucapkan dalam Komunikasi Orang Cirebon
KUDU WERUH, Berikut 4 Kata yang Sering Diucapkan dalam Komunikasi Orang Cirebon /Ilustrasi/Egi Septiadi /PRMN

PORTAL MAJALENGKA - Masyarakat Cirebon terkenal memiliki karakteristik yang beragam. Hal tersebut karena Cirebon merupakan tempat bertemunya orang-orang dari berbagai daerah.

Akulturasi budaya Cirebon sangat kental. Tak terkecuali dengan bahasanya. Bahasa Cirebon juga bukan Jawa atau Sunda. Tetapi merupakan akulturasi antara keduanya.

Karena itu, Bahasa Cirebon terbilang kaya dengan karakteristiknya yang unik. Karena itu pula bahasa Cirebon diakui sebagai salah satu bahasa ibu di Jawa Barat.

Baca Juga: Kuliner Khas Cirebon, Berikut 5 Rekomendasi Destinasi Empal Gentong

Hal itu dengan adanya penetapan Peraturan Daerah Jawa Barat No.5 Tahun 2003 yang diperbarui menjadi Perda no.14 Tahun 2014 tentang bahasa daerah sebagai cagar budaya. Dalam perda tersebut, di Jawa Barat terdapat tiga bahasa daerah, masing-masing Sunda, Cirebon dan Melayu Betawi.

Untuk diketahui, secara garis besar Bahasa Cirebon terbagi menjadi dua. Yaitu bebasan (yang terdengar lebih sopan) dan bahasa pesisir atau ngoko (yang terdengar kasar).

Dalam artikel ini dibahas adalah bahasa pesisiran atau ngoko. Terutama kata yang sering digunakan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari orang Cirebon di kalangan masyarakat umum.

Baca Juga: Mengenal Puskesos, Tugas dan Tanggung Jawab Relawan Sosial Tingkat Desa

Aksen Bahasa Cirebon pada tiap daerah juga berbeda-beda. Ada yang di akhir kata selalu menggunakan huruf "a", ada yang "o", dan ada juga yang aga sulit karena terdengar seperti percampuran "o" dan "a".

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x