Kisah Melegenda Gunung Ciremai dan Kitab Sakti Ajian Jaran Goyang

- 29 November 2022, 09:30 WIB
Gunung Ciremai, Jawa Barat
Gunung Ciremai, Jawa Barat /YouTube Bujang Gotri

PORTAL MAJALENGKA - Gunung Ciremai adalah gunung yang secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Gunung Ceremai tak hanya Sangat Indah tetapi banyak cerita mistis yang terdapat di dalamnya.

Legenda Gunung Ciremai, kedahsyatan ilmu Jaran Goyang, dan sosok Buyut Mangun Tapa di dalam legenda Gunung Ciremai pasti tidak terlepas dari cerita sejumlah tokoh berikut.

Baca Juga: Lepas 6 Relawan ke Cianjur, Pembina LAZISNU PCNU Kabupaten Cirebon: Harus Punya Fisik dan Mental yang Kuat

Dilansir Portal Majalengka dari kanal YouTube Wisata Religi, Ini salah satunya adalah Ki Buyut Mangun Tapa yang dikenal dengan kesaktiannya dalam salah satu kisah legenda Gunung Ciremai

Ki Buyut Mangun Tapa dikisahkan bahwa beliau adalah orang sakti memiliki ilmu pengasihan. Legenda, kibuyut Mangun Tapa di Gunung Ciremai juga terkait dengan sosok yang bernama Nini Pelet.

Dikisahkan dalam cerita rakyat bahwa ada sebuah kitab atau ilmu sakti yang bernama Jaran Goyang, kitab itu dicuri oleh sosok Nini Pelet yang kemudian dia mempelajari kitab tersebut.

Baca Juga: ASAL-USUL SUKU BADUY Banten, Bukan Keturunan Prabu Siliwangi, Ini Sanggahan Kokolot Suku Baduy

Sehingga Ia memiliki kesaktian dalam hal pengasihan dengan kemampuannya tersebut, kemudian ia menaklukkan Banyak kaum lelaki.

Halaman:

Editor: Andra Adyatama

Sumber: YouTube wisata religi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x